Sinopsi

Etika bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu,  perusahaan, industri dan juga masyarakat. Kesemuanya ini mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku, dan tidak tergantung pada kedudukan individu ataupun perusahaan di masyarakat. Tujuan etika bisnis adalah menggugah kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan para pelaku bisnis untuk menjalankan  good business dan tidak melakukan monkey business  atau dirty business  yang bisa merugikan banyak pihak yang terkait dalam bisnis tersebut.

Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Tanggung  jawab sosial perusahaan  mungkin masih kurang popular dikalangan pelaku usaha nasional. Namun tidak begitu bagi pelaku usaha asing. Kegiatan social kemasyarakatan yang dilakukan secara sukarela itu, sudah biasa  dilakukan oleh perusahaan-perusahaan multinasional ratusan tahun lalu. Sebagai agen moral, bertindak etis bukanlah sekedar aturan atau pedoman belaka melainkan sebuah tuntutan dan kewajiban moral yang harus dilakukan oleh perusahaan.

Penulis:

MOCH. NOERHADI SUDJONI

Penerbit: Fakultas Pertanian Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Percetakan: Unwaha Press

Redaksi: Jln. Garuda no. 09 Tambakberas Jombang, Jawa Timur

email: fapertapublisher@unwaha. ac.id

web: faperta-publisher.unwaha.ac.id

Cetakan pertama tahun 2023

i-iv + 185 hlm

Pemasaran: 085 33413 6424

By faperta_publisher

Lembaga penerbit perguruan tinggi yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian Unwaha, sebagai media publikasi dalam bentuk buku teks, referensi, buka ajar hasil luaran segenap civitas akademika Unwaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *