Sinopsi
Etika bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat. Kesemuanya ini mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku, dan tidak tergantung pada kedudukan individu ataupun perusahaan di masyarakat. Tujuan etika bisnis adalah menggugah kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan para pelaku bisnis untuk menjalankan good business dan tidak melakukan monkey business atau dirty business yang bisa merugikan banyak pihak yang terkait dalam bisnis tersebut.
Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Tanggung jawab sosial perusahaan mungkin masih kurang popular dikalangan pelaku usaha nasional. Namun tidak begitu bagi pelaku usaha asing. Kegiatan social kemasyarakatan yang dilakukan secara sukarela itu, sudah biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan multinasional ratusan tahun lalu. Sebagai agen moral, bertindak etis bukanlah sekedar aturan atau pedoman belaka melainkan sebuah tuntutan dan kewajiban moral yang harus dilakukan oleh perusahaan.
Penulis:
MOCH. NOERHADI SUDJONI
Penerbit: Fakultas Pertanian Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Percetakan: Unwaha Press
Redaksi: Jln. Garuda no. 09 Tambakberas Jombang, Jawa Timur
email: fapertapublisher@unwaha. ac.id
web: faperta-publisher.unwaha.ac.id
Cetakan pertama tahun 2023
i-iv + 185 hlm
Pemasaran: 085 33413 6424